Ini Dia Beberapa Cara Ampuh Mengatasi Gejala Hamil

Sebagian besar ibu hamil, awal kehamilan tentu menjadi masa yang sulit dilewati. Selama fase ini, ibu hamil akan mengalami banyak keluhan. Beberapa keluhan tersebut merupakan reaksi alami akibat perubahan yang terjadi pada hormon tubuh.Keluhan yang hampir selalu dirasakan mual dan muntah-muntah. Keluhan ini biasa disebut morning sickness. meskipun dikenal dengan istilah morning sickness, rasa mual dan muntah ini tidak hanya terjadi di pagi hari saja. Terkada rasa mual dan muntah tapi juga bisa terjadi di siang, sore, malam, bahkan sepanjang hari penuh.

Selain merasa mual dan muntah, bumil juga dapat merasa pusing dan sakit kepala saat mengalami kondisi ini. Keluhan mual dan muntah ini sebenarnya dipicu oleh perubahan hormonal yang terjadi saat hamil. Akibatnya, bumil akan sering merasa mual, dan sering kali hal tersebut mengganggu aktivitas.Menurut Dr. Marjorie Greenfield, ahli kandungan dan penulis The Working Woman’s Pregnancy Booksekitar 70 persen perempuan akan mengalami mual di awal kehamilannya. Sementara itu, sekitar 50 persen perempuan mengalami muntah.

Frekuensi mual dan muntah setiap orang tentu saja berbeda. Umumnya, gejala hamil seperti mual dimulai sejak awal masa kehamilan dan akan mencapai puncaknya pada minggu ke sembilan. Menjelang akhir trimester pertama, biasanya rasa mual mulai mereda. Saat kandungan berusia 16-20 minggu, rasa mual akan hilang sepenuhnya.Namun, ada juga ibu hamil yang mengalami mual bahkan setelah kandungan berusia lebih dari 16 atau 20 minggu. Tak hanya itu, ada juga ibu hamil yang merasakan mual dan muntah sepanjang masa kehamilan.

Cara Mengatasi Mual Saat Hamil

Mual saat hamil memang tidak enak, makan pun akhirnya jadi tidak semangat. Untungnya, ada banyak cara mengatasi mual saat hamil. Cara-cara tersebut akan kami ulas di bawah ini.

  1. Makan sedikit tapi sering
Baca Juga :  3 Merek Sikat Gigi Bayi Terbaik 2019

Sebelum hamil,berapa kali pun mungkin tidak menjadi pantangan. Namun, saat Anda berada pada trimester awal, rutinitas tersebut menjadi hal yang sangat berat. Anda akan merasa mual bila terlalu banyak memasukkan makan.Begitu pula saat Anda mengurangi jumlah porsi makan dan memperbanyak konsumsi cairan, hal ini akan membuat perut Anda kembung dan kemudian muntah. Salah satu triknya untuk mengatasi masalah tersebut yaitu makanlah dengan porsi kecil, serta imbangi dengan buah-buahan dan air putih.

  1. Hindari bau menyengat

Jika biasanya kamu sangat suka menggunakan parfum,mungkin kali ini bau parfum akan sangat mengganggu Anda. Aroma menyengat yang dikeluarkan dari parfum dapat memicu mual. Maka dari itu, untuk sementara waktu gunakan parfum dengan aroma lembut. Selain itu, nyalakan aromaterapi di dalam rumah untuk mengusir aroma yang tidak sedap. Biasanya, bumil akan membutuhkan aroma segar seperti mint maupun lemon untuk mengurangi rasa mual.

  1. Hindari tidur usai makan

Kebiasan buruk yang kerap dilakukan yaitu berbaring setelah makan. Bagi Anda yang sedang hamil muda, kebiasan berbaring setelah makan dapat memperlambat pencernaan dan memicu mual. Anda harus mampu menahan diri untuk tidak berbaring selama 20-40 menit setelah makan. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat duduk sambil menonton televisi, bermaingadget atau berbincang dengan anggota keluarga. Berikan kesempatan pada tubuh Anda untuk mencerna makanan dengan baik. Setelah Anda merasa sudah stabil, Anda boleh berbaring atau tidur.

 

About the author