cara menghilangkan kaki pecah-pecah

Inilah 5 Cara Menghilangkan Kaki Pecah-Pecah Secara Tradisional

Bukan wajah saja yang harus diperhatikan kebersihan, kecantikan, serta kehalusannya. Bagian tubuh lain pun harus mendapatkan perlakuan yang serupa. Termasuk juga kecantikan kaki. Nah, masalah yang paling banyak terdapat pada kaki adalah tumit pecah-pecah.

Meskipun bukan area yang langsung terlihat ketika bertemu dengan orang lain, tetapi menjaga kehalusan tumit sangat penting. Bukan tidak mungkin seseorang akan memperhatikan bagian kaki saat sedang bersama. Apalagi ketika Anda menghadiri acara yang mengharuskan lesehan.

Maka dari itu, sempurnakan penampilan Anda dengan menghaluskan bagian tumit. Tak perlu ke salon untuk perawatan, Anda bisa mengikuti cara menghilangkan tumit pecah-pecah secara tradisional berikut ini:

  1. Menggosok Tumit Dengan Cara yang Tepat

Anda bisa mengembalikan kehalusan tumit kaki dengan menggosoknya. Sebaiknya gunakan bahan-bahan yang tepat, seperti batu apung khusus. Sebelumnya, Anda bisa mandi air hangat atau merendam kaki dengan air hangat terlebih dahulu.

Setelah itu gerakkan batu apung ke satu arah dengan lembut. Jangan gosok terlalu keras, sebab justru akan merusak kulit tumit. Lakukan secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimal.

  1. Menggunakan Krim Kaki

Jika Anda sudah selesai menggosok kaki menggunakan batu apung, setelah itu sempurnakan perawatan dengan krim kaki atau foot cream. Yang paling direkomendasikan adalah krim kaki dengan kandungan formula lactid acid, uric acid, ataupun salicylic acid.

Zat-zat tersebut adalah eksfoliator untuk menipiskan area yang menebal pada tumit. Selain itu, manfaat zat tersebut juga dapat memperlambat timbul kapalan kembali. Cara menghilangkan tumit pecah pecah secara tradisional adalah dengan memijat tumit dengan foot cream dua kali sehari secara rutin.

  1. Menggunakan Kaus Kaki Saat Tidur

Hasil penggunaan foot cream akan lebih optimal jika Anda mengenakan kaus kaki saat tidur. Hal tersebut juga bisa mencegah tumit menjadi kering akibat terpapar udara AC. Mengenakan kaus kaki juga sebaiknya dilakukan saat Anda akan pergi beraktivitas. Sebaiknya gunakan kaus kaki sebelum memakai sepatu agar tidak terjadi gesekan langsung antara tumit dengan alas kaki.

  1. Menggunakan Alpukat dan Banana Foot Mask

Alpukat sering juga disebut sebagai “nature’s butter” yang kaya vitamin, minyak essensial, dan juga lemak. Kandungan tersebut dapat membantu memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Sementara pisang merupakan pelembab yang bagus untuk membuat kulit menjadi lebih lembut dan halus. Masker kaki ini bisa juga menjadi cara menghilangkan kaki pecah-pecah.

Anda bisa membuat sendiri masker kaki dari alpukat dan pisang dengan cara sebagai berikut:

  • Campurkan sebuah pisang yang telah matang dengan setengah buah alpukat. Blenderlah hingga halus
  • Aplikasikan pasta ke seluruh area tumit dan kaki
  • Biarkan dalam waktu 15 meni
  • Cuci menggunakan air hangat suam-suam kuku
  • Lakukan cara ini setiap hari.
  1. Minyak Nabati

Lemak yang terkandung dalam minyak nabati akan memberi nutrisi pada kulit sehingga membuatnya menjadi halus dan lebih lembut. Cara menghilangkan tumit pecah pecah dengan minyak nabati adalah sebagai berikut:

  • Rendamlah kaki pada air hangat selama 10 menit
  • Gosok tumit menggunakan batu apung ataupun loofah
  • Keringkan kaki dan tumit menggunakan handuk bersih
  • Oleskan minyak nabati pada bagian tumit
  • Pakai kaus kaki yang terbuat dari bahan katun dan biarkan semalaman
  • Ulangi prosesnya beberapa hari hingga retakan menjadi hilang.

Seringkali masalah tumit pecah-pecah terjadi pada beberapa kondisi, seperti saat cuaca sedang ekstrim, aktivitas yang padat, serta pada ibu hamil. 

Dengan bahan-bahan alami tersebut, tumit pecah-pecah akan segera hilang. Asalkan Anda melakukannya secara rutin.

Baca Juga :  Ditularkan Hewan! Ini 3 Jenis Virus yang Penyebab Leukimia

About the author